Senin, 08 Februari 2016

19 Tempat Wisata di Purwokerto Paling Terkenal Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Purwokerto – Anda ingin menikmati liburan di Purwekerto? Ada banyak sekali objek wisata di Purwekerto yang bisa anda kunjungi untuk mengisi liburan bersama orang-orang tercinta. Kota Purwokerto merupakan ibukota dari kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.
Sebelum kita menjelajah ke tempat wisata di Purwekerto, ada baiknya kalau kita kenalan terlebih dahulu dengan seluk beluk kota ini. Kabupaten Banyumas dikelilingi oleh Kabupaten Brebes di utara; Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Banjarnegara, dan Kabupaten Kebumen di timur, serta Kabupaten Cilacap di sebelah selatan dan barat.
Kota ini sebelum tahun 2000 masih belum semaju sekarang, sebelum mahasiswa berdatangan untuk kuliah di Universitas Jendral Sudirman, dimana masyarakatnya adalah pegawai dan anak sekolahan. Namun setelah berdatangan mahasiswa dari berbagai daerah di pulau dan sumatera untuk menimba ilmu disini, maka Purwokerto pun menggeliat, perekonomian berkembang, kost-kostan berdiri dimana-mana, rumah makan dibangun, warnet, foto kopi dan lain sebagainya. Dan sekarang kita bisa melihat kota ini cukup maju.
Masyarakat disini menggunakan dialek bahasa Banyumas, yang dikenal dengan ngapak, sebenarnya sangat mudah untuk belajar bahasa ngapak hanya butuh penekanan intonasi saat berbicara, bagi anda yang belum terbiasa mendengarnya akan aneh rasanya. Sepertinya sudah cukup berkenalan dengan Purwakarta dan Banyumas, sekarang saatnya kita jalan-jalan ke tempat wisata di Purwokerto yang menarik untuk dikunjungi.

19 Tempat Wisata di Purwokerto yang Wajib Dikunjungi

Berikut ini Tempatwisataseru.com rangkum ada 19 Tempat Wisata di Purwokerto yang Wajib Dikunjungi, sebenarnya masih ada banyak lagi, jika anda punya cerita atau pengalaman menarik saat jalan-jalan di di ‘Puwakarta’ ada baiknya juga kalau anda berkenan membagikannya kepada kami.

1. Objek Wisata Terkenal Baturraden di Purwokerto

Objek Wisata Terkenal Baturraden di PurwokertoNah, ini dia objek wisata paling terkenal di Purwokerto, Wisata Baturaden. Wisata Baturaden lebih bisa dibilang seabgai komplek wisata, karena ada banyak wahana wisata disini. 
Lokasinya ada di lereng gunung Slamet. Untuk menuju lokasi kita berkendara sekitar 15 menit saja dari kota Purwokerto
Tempat ini sangat cocok sekali untuk anda dan keluarga melepaskan penat setelah beraktivitas seminggu penuh, udaranya yang sejuk dan bersih, serta pemandangannya yang eksotis karena berada di ketinggian, dari sini anda jugab isa melihat pulau nusa kambangan, anda tentu tahu dengan pulau ini bukan?
Ada banyak sekali fasilitas permainan disini, seperti kolam renang, kolam luncur, sepeda air, hingga pemandian air panas bisa kamu nikmati dengan harga Rp. 14.000 saja.

2. Tempat Wisata Alam Air Terjun Curug Gede di Purwokerto

Curug Gede menjadi Objek wisata alam di Purwokerto yang wajib anda kunjungi. Keindahan air terjun ini tiada duanya, lokasinya masih berada di dekat wisata Baturaden dengan jarak sekitar 3 km saja, jadi sangat sayang sekali kalau sampai terlewatkan.

3. Objek Wisata Alam Air Terjun Curug Ceheng di Purwokerto

Objek Wisata Alam Air Terjun Curug Ceheng di Purwokerto
Satu lagi ari terjun atau curug yang wajib anda kunjungi, eh sebenarnya bukan satu masih ada beberapa lagi nanti. Untuk Rurug Ceheng sendiri berada di Desa Gandatapa Kecamatan Sumbang, Banyumas. Keindahan air terjun curug ceheng sangat luar biasa. Kalau sudah sampai disini, anda akan malas pulang rasanya.

4. Tempat Wisata Seru di Baturraden Adventure Forest Purwokerto

Anda suka berpetualang? Nah, jika anda sedang berada atau akan berlibur ke Baturaden, maka anda bisa menikmati petualangan seru di Baturraden Adventure Forest. Lokasi wisata yang dimiliki oleh swasta dan pemerintah setempat ini berkembang sebagai tempat wisata alam yang menyajikan program petualangan di alam terbuka.
Ada banyak sekali permainan seperti
Setibanya di sini, kamu akan disambut oleh mountain adventure, water adventure, tree adventure, dan eco adventure. Kamu bisa menikmati wisata ini baik bersama dengan teman-teman, rombongan keluarga, hingga komunitasmu saat sedang gathering.

Tempat Wisata Seru di Baturraden Adventure Forest Purwokerto
Gambar via isroadi.blogspot.com

5. Objek Wisata Air hangat belerang di Pancuran 7 di Purwekerto


Objek Wisata Air hangat belerang di Pancuran 7 di Purwekerto
Gambar via via imt0281.blogspot.com

Masih dalam kawasan objek wisata baturaden, disini anda juga bisa menemukan objek wisata air hangat belerang, nah untuk anda yang berjerawat, atau gatal-gatal atau sakit kulit lainnya, sangat direkomendasikan untuk kesini.
Atau anda yang ingin memiliki kulit bersih dan putih, juga tidak ada salahnya untuk mencoba air belerang yang baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit ini.
Wisata husada atau wisata pengobatan ini tak hanya bisa dinikmati dengan memanfaatkan air panas belerangnya saja; ada juga keindahan alam yang masih terjaga meskipun kamu harus “berjuang” untuk melihatnya. Misalnya, untuk ke pancuran 7 kita harus berjalan menaiki puluhan anak tangga. Tapi tenang saja, hal ini sepadan dengan suasana dan keindahan alam serta air hangat yang bisa memanjakankaki kita yang kelelahan.

6. Tempat Wisata Seru Telaga sunyi di Purwokerto


Tempat Wisata Seru Telaga sunyi di Purwokerto
Gambar via travel.detik.com

Nah, ini dia salah satu telaga yang terkenal di Purwokerto yang tidak boleh kamu lewatkan. Keindahan telaga ini tiada duanya.
Lokasinya masih dekat dengan objek wisata baturaden, telaga ini agak terseuruk dan dikelilingi oleh pepohonan yang padat dan menimbulkan aroma khas hutan pinus.
Di antara hutan itu, terdapat sebuah telaga yang merupakan mata air utama di kawasan ini. Airnya yang tenang dan jernih menampilkan dasar telaga yang terlihat dengan jelas. Keindahan semacam ini sangat cocok untuk dijadikan lokasi untuk berburu foto-foto indah bagi kamu yang gemar fotografi. Tapi, asyik juga kok untuk sekadar duduk-duduk di tepinya dan tenggelam dalam kesunyian telaga ini.

7. Objek Wisata Alam Curug Cipendok


Objek Wisata Alam Curug Cipendok
Gambar via indonesiaexplorer.net

Curug Cipendok adalah salah satu objek wisata yang sangat populer, lokasinya hanya berjarak 25 km dari pusat kota Purwokerto ini berada di Desa Karangtengah, Cilongok, Banyumas.
Di sekitar Air terjun ini , alamnya masih terjaga dengan baik, sehingga udaranya masih bersih dan segar.
Untuk menuju ke lokasi sangat mudah, karena jalanan sudah di aspal, di sepanjang jalan menuju ke dekat lokasi, kita bisa menemukan warung yang menjajakan sajian khas seperti mendoan dan susu murni. Suara-suara elang dan kera yang khasakan mengisi telingamu, membuatmu serasa ada di dunia yang berbeda.Belum lagi pemandangannya yang indah di sepanjang perjalanan bisa membuat matamu menjadi segar. Semilir udara yang sejuk dijaminmembuatmu tambah tak mau pulang!

8. Objek Wisata Religi Gua Maria Kaliori di Purwokerto


Objek Wisata Religi Gua Maria Kaliori di Purwokerto
Gambar via kresnabayutour.com

Bagi umat nasrani, objek wisata yang satu ini wajib dikunjungi. Disini anda bisa lebih mendekatkan diri denganNya.
Lokasinya hanya 20 Km atau sekitar 30 menit saja dari pusat kota Purwokerto.
Karena luasnya yang 5,6 hektar, kamu bisa menemukan berbagai fasilitas di sini. Ada pendopo untuk beristirahat, gereja, sampai kursi-kursi di bawah pepohonan yang rimbun. Kamu juga bisa berziarah di berbagai makam yang dihiasi patung-patung malaikat di sini.Patung Bunda Maria yang ada di areal gua ini pun diberkati khusus oleh Paus Paulus II. Jika mengunjungi gua ini nanti, semoga kamu bisa menemukan ketenangan rohani yang kamu cari, ya.

9. Wisata Kuliner Mendoan khas Purwokerto


Wisata Kuliner Mendoan khas Purwokerto
Gambar via www.triptrus.com

Kalau anda ke Purwokerto, jangan sampai tidak mencoba kuliner khas kota ini.
Ada banyak sekali penjual makanan khas yang bisa anda coba, atau anda bisa mampir di Jl. Prof. Dr. Suharso (atau biasa disebut kawasan GOR Satria Purwokerto). Di sini, ada banyak tempat makan yang bisa kamu kunjungi, mulai darikaki lima sampai restoran.
Cobalah mendoan asli Purwokerto yang rasanya jelas lebih renyah dari mendoan-mendoan dari daerah lainnya di Indonesia. Tak hanya itu, kamu juga harus merasakan lezat dan kentalnya soto Sokaraja. Di dekat situ juga terdapat banyak makanan khas seperti Getuk Goreng yang rasanya nikmat dan legit. 

10. Destinasi Wisata Menantang Mendaki Gunung Slamet di Purwokerto


Destinasi Wisata Menantang Mendaki Gunung Slamet di Purwokerto
Gambar Via http://www.azwisata.com/

Anda hobi mendaki gunung? Maka anda wajib menaklukan gunung tertinggi di Jawa Tengah ini, ya gunung Slamet.
Gunung engan ketinggian 3,428 m dpl ini masih aktif dan sangat menantang untuk ditaklukkan. Anda bisa mendaftar untuk mendaki gunung ini tentunya dengan prosedur tertentu. Medan yang akan Anda lewati untuk mendaki Gunung Slamet cukup berat dan sulit, sehingga Anda harus menyiapkan perlengkapan yang baik dan fisik yang kuat. Namun begitu, Anda akan dihibur dengan pemandangan hijau ala gunung sepanjang perjalanan menuju puncak tertinggi di Jawa Tengah.

11. Tempat Wisata Seru Pemandian Kalibacin di Purwokerto

Objek Wisata Pemandian Kalibacin di Purwokerto
Anda tahu apa arti kali bacin? Artinya kurang lebih kali tengik, hehe, lucu namanya ya.
Selain di air hangat di pancuran 7, anda juga bisa menimkati pemandian disini untuk menghilangkan gatal-gatal, jerawat atau kudis 😀 atau penyakit kulit lainnya.
Banyak pengunjung yang rela mandi di dalam pemandian air panas ini karena air belerang di sini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, bahkan hingga penyakit berat seperti syaraf maupun tulang. Pemandian air panas ini berlokasi di Banyumas, tepatnya di desa Tambaknegara, kecamatan Rawalo. Bagi Anda yang sedang mencari pengobatan alternatif, tempat wisata di Purwokerto ini bisa jadi salah satu destinasi Anda.

12. Tempat Wisata Keluarga Batur Agung di Purwokerto

Tempat Wisata Keluarga Batur Agung di Purwokerto
Satu lagi wahana bermain yang tidak boleh anda lewatkan, ya wahana Batur Agung.
Wahana liburan ini memiliki konsep menyatu dengan alam, di sini Anda dapat menikmati keindahan alam Purwokerto sambil melakukan berbagai macam kegiatan.
Jadi bukan hanya mandi-mandi saja, disini ada banyak fasilitas yang bisa kita nikmati seperti outbond untuk si kecil, flying fox, arung jeram, waterpark, ATV, kebun buah, kereta mini, bahkan situs purbakala juga ada di sini. Batur Agung ini terletak di Banyumas, tepatnya di Kedungbanteng. Obyek wisata alam ini akan sangat cocok untuk Anda menghabiskan liburan bersama keluarga.

13. Tempat Rekreasi Keluarga Telaga Pucung di Purwokerto

Tempat Rekreasi Keluarga Telaga Pucung di Purwokerto
Anda ingin rekreasi di danau bersama keluarga? Anda bisa mengunjungi telaga pucung yang lokasinya dekat dengan Curug Cipendok. Hanya sekitar 500 meter sebelah baratnya air terjun.
Danau ini adalah obyek wisata yang baru ditemukan sekitar tahun 1997, dan sebelumnya tersembunyi di tengah semak-semak. Setelah mengalami penataan yang cukup lama, maka pada tahun 2005 tempat ini diresmikan pemerintah Purwokerto sebagai lokasi wisata keluarga yang cukup menarik.
Wilayah Telaga Pucung ini dikelilingi hutan yang masih asli dan merupakan habitat elang Jawa dan Harimau Jawa yang mulai langka.

14. Objek Wisata Sejarah Monumen Panglima Besar Jenderal Sudirman di Purwokerto

Objek Wisata Sejarah Monumen Panglima Besar Jenderal Sudirman di PurwokertoSiapa yang tidak kenal dengan Jendral Besar Sudirman, meskipun tubuhnya kering kerempeng, tapi Penjajah sangat menakuti beliau. 
Kota Purwokerto identik dengan tempat kelahiran pahlawan besar negara Indonesia ini, yaitu tepatnya di Purbalingga. Dan untuk menghormati jasa beliau, didirikan monumen yang merupakan obyek wisata bersejarah yang berada di jalan Soeparno no 24.
Keberadaan monumen Jenderal Soedirman sebenarnya ada di beberapa kota, salah satunya di Nganjuk, wilayah jawa Timur. Hal ini disebabkan karena Jenderal Sodirman pernah bergerilya memimpin perang di wilayah tersebut selama beberapa hari. Tetapi monumen terbesar dan dilengkapi dengan museum dua lantai adalah yang berada di kota Purwokerto ini.

15. Wahana Rekreasi Dream Land Park Pancasan di Purwokerto

Dream Land Park menjadi wahana bermain air yang seru dan sayang sekali untuk dilewatkan jika kita liburan di Purwokerto.
Lokasinya ada di Pancasan, Kec Ajibarang, Kabupaten Banyumas. Pengunjung tidak hanya dari penduduk lokal saja, pengunjung yang datang dari berbagai daerah seperti Cilacap dan Brebes. 
Obyek wisata Dream Land tidak hanya mengandalkan kolam renang, seluncuran, ember  tumpah dan sepeda air serta kayak. Namun dilengkapi juga dengan taman reptil, berbagai burung/unggas langka, dan taman batu alami berupa batu karts yang mirip terumbu karang yang menyembul ke permukaan bumi. Dengan harga tiket yang terjangkau (Rp. 15 ribu), pengunjung bebas menikmati wahana yang ada dan tidak dikenai biaya tiket lagi di dalam.

16. Wahana Permainan Seru Crossworld Paintball di Purwokerto

Wahana Permainan Seru Crossworld Paintball di Purwokerto
Anda suka dengan olahraga perang-perangan? Tidak ada salahnya kalau mencoba paint ball. Jika kamu tertarik dengan permainan paintball ini kamu bisa menyambangi Crossworld Paintball yang terletak di Jalan Ringin Tirto No: 69. Selain paint ball kamu juga bisa menikmati makanan di mini food courtnya, bermain bilyar, dan juga berbelanja peralatan paint ball dengan harga yang terjangkau.

17. Nyantai di Alun-alun Lama Kota Banyumas

Nyantai di Alun-alun Lama Kota Banyumas
Alun-alun ini selalu ramai saat akhir pekan untuk kumpul-kumpul masyarakat sekitar. Lokasinya +- 20 km dari pusat kota Purwokerto. Pada Jaman dulu, alun-alun ini merupakan penanda pusat pemerintahan, sekarang ramai menjadi pusat aktifitas warga khususnya pada akhir pekan. Terdapat berbagai macam makanan khas Banyumas yang bisa kamu jumpai disini. Dari dawet ayu, rica-rica entok, tahu kupat dan macam-macam.

18. Serunya Liburan di Depo Bay Depo Pelita Purwokerto


Serunya Liburan di Depo Bay Depo Pelita Purwokerto
Gambar Via http://www.radarbanyumas.co.id/

Satu lagi wahana permainan air yang tidak boleh anda leawatkan, Depo Bay. Lokasinya di Jalan Menteri Supeno No 10, Sokaraja tersebut, kini sudah menjadi magnet untuk menjadi pilihan tujuan wisata, belanja dan kuliner.
Ada banyak fasilitas yang ditawarkan disini, seperti fasilitas supermarket, mushola, toilet dan parkir luas, Depo Factory Outlet. Untuk menikmatinya wahana di Depo Bay, pengunjung dapat datang pukul 09.00 hingga 18.00.
Terlebih, dengan adanya Depo Bay sebagai tempat wisata dengan kolam ombak yang luas yang dapat dijadikan wahana permainan untuk anak-anak hingga dewasa.
Depo Bay dilengkapi dengan aneka wahana yang membuat pengunjung semakin betah. Siapa yang tidak tergoda melihat birunya air dan deburan ombak di Depo Bay, ditambah semilir angin semakin menggugah siapa saja untuk menikmati hentakan ombak di kolam ombak Depo Bay?
Pengunjung akan betah berlama-lama disini. Anda tertarik?

19. Objek Wisata Terbaru Curug Nangga Di Banyumas

Objek Wisata Terbaru Curug Nangga Di BanyumasIni dia objek wisata yang terakhir dari kami, Curug Nangga termasuk objek wisata yang terbaru, lokasinya ada di Desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas.
Curug yang memiliki tujuh undakan atau tingkatan tersebut, kini tengah jadi booming di kalangan anak muda pecinta alam sebagai tempat tujuan atau destinasi menjelajah alam yang menarik. Pemandangan alam yang disuguhkan sungguh menakjubkan.
Menuju Curug Nangga kalau dari arah Purwokerto melalui Kota Ajibarang ke arah barat, ada jembatan timbang masih lurus sampai PO. Sumber Alam 100 m ke barat ada pertigaan Cikawung tepatnya di Pangkalan Ojeg Ciakwung belok kiri, terus ikuti jalan itu melewati Desa Semedo naik ke Desa Petahunan, disitu sudah ada petunjuk jalan menuju Curug.
“Untuk rute curug ini cukup susah karena jalanya sangat menanjak kita juga masih melalui jalan yang belum beraspal, disarankan wisatawan menggunakan sepeda motor karena lokasi parkirnya masih menumpang di pekarangan penduduk. Dari areal parkir jalan kaki menyusuri jalan setapak makadam sampai ke lokasi curug kurang lebih 1 km” jelas Nano.
Dalam perjalanan menuju Curug Nangga akan disuguhi dengan pesona alam nan indah juga asri. Semua tampak alami karena memang daerah sekitar jarang terjamah oleh orang-orang. Bisa dibilang perjalanan dari tempat pemberhentian menuju curug nangga bisa ditempuh selama 30 menit. Jaraknya sendiri bisa mencapai 2-3 km dengan jalan yang menurun dan juga agak licin.
Bagaimana? Anda tertarik untuk liburan ke tempat-tempat wisata di atas? Segera buat rencana, kira-kira tempat-tempat mana saja yang akan dikunjungi. Kalau bingung, kunjungi semuanya, pasti seru deh.
Itulah 19 Tempat Wisata di Purwokerto yang Wajib Dikunjungi dari kami, semoga bisa menjadi panduan wisata di Purwokerto untuk anda dan orang-orang tercinta. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini dengan yang lainnya ya, supaya yang lain juga tahu tempat-tempat yang menarik untuk dikunjungi di Purwokerto.

1 komentar: